Pages

Mengapa Pins dan Bushings lebih cepat aus...???

Sesuai study yang dilakukan oleh pabrik terhadap major component manufacturer, tercatat pada tabulasi bahwa lebih dari 50% kerusakan machine yang diakibatkan oleh kurang sesuainya jenis pelumas grease yang dipakai pada machine (improper lubrication).



Hasil study diatas menunjukan bahwa kerusakan yang mengerikan bisa terjadi hanya dua hal berikut:

1. Inadequate of lubrication (34.4%) dan
2. Contamination (19.6%)

Item pertama, Perlu dicatat bahwa pemilihan kualitas grease dan setting interval yang benar adalah point penting. Komponen akan cepat aus (terkikis) dari standard life time, jika anda salah dalam melakukan pemilihan grease ini. Artinya bahwa, pemilihan grease menyangkut harga dan kualitas. Akibatnya akan sangat fatal jika anda menggunakan grease yang beredar umum tanpa mempertimbangkan rekomendasi dari pabrik pembuat machine.

Jika pada rekomendasi disebutkan harus grease dengan kualitas EP1, maka gunakanlah EP1 dan seterusnya.

Item kedua, tercatat bahwa kontaminasi pada grease menyumbang kerusakan yang signifikan. Grease yang kotor akan mempercepat kerusakan grease pump secara langsung dan akan merusak pin/bushing, center joint dan bearing secera tidak langsung. Penyumbatan saluran grease akan terjadi dan diikuti pula seringnya fault dan nyalanya lampu peringatan autolube pada unit atau machine.

Dede Kurniawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment