Pages

Penerapan ISO 9001, serta perbedaan antara ISO 9001:2008 VS ISO 9001:2015



Menerapkan ISO 9001 artinya adalah membuat standar yang menjadi pedoman dalam operasional sebuah perusahaan. Perusahaan yang baik akan lebih bergantung pada sistem, bukan orang. Kenapa harus bergantung pada Sistem? Karena orang pada saatnya akan berganti, baik karena regenerasi, pensiun, atau pindah ke perusahaan lain. Jika perusahaan tidak memiliki pedoman operasional yang baku, maka cara kerja akan berubah-ubah tergantung pada mandornya. Saat mendapat mandor yang baik, maka hasilnya akan baik, namun saat mandornya tidak baik, hasilnya juga akan menjadi tidak baik.
ISO 9001 mengarahkan perusahaan memiliki “PEDOMAN OPERASIONAL YANG TERBAIK UNTUK MENGHASILKAN KUALITAS YANG TERBAIK”.
ISO 9001 Merupakan standar internasional dibidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam halsistem managemen mutu produk/jasa yang dihasilkannya.
Generic berarti standar yang sama dapat diterapkan pada berbagai organisasi, besar ataupun kecil, apapun product dan layanannya, dalam sembarang aktivitas suatu sektor, dan apakah itu adalah perusahaan business, layanan publik atau departmen pemerintahan.
Sistem managemen mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan yang telah ditetapkannya sendiri, seperti:
1. Memenuhi persyaratan kualitas pelanggan,
2. Sesusai dengan peraturan, atau
3. Tujuan perusahaan atau organisasi,
4. Sasaran mutu.

Dan terdapat perbedaan ISO 9001:2008 dengan ISO 9001:2015, membuat banyak perusahaan yang bertanya-tanya seperti apakah bentuk audit yang dilakukan oleh Badan Sertifikasi khususnya mengenai Audit Stage I.
Berikut ini tabel perbedaan ISO 9001:2008 vs ISO 9001:2015 dalam audit stage I.

Bila kita perhatikan secara seksama mandatory dokumen yang diperlukan untuk Stage I antara versi ISO 9001:2008 dengan ISO 9001:2015 hampir sama. Perbedaan terletak pada versi ISO 9001:2015, perusahaan diminta untuk membuat documented information mengenai Context of Organisation yaitu External and Internal Issues, Needs and Expectations of Interested Parties. Bahkan Manual Mutu masih dipergunakan di ISO 9001:2015 sebagai Documented Information yang menjelaskan Ruang Lingkup Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.




Dede Kurniawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment