Pages





Penyakit Coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronvirus yang baru ditemukan. sebagian besar orang yang terinfeksi virus COVID-19 akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus. Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis mendasar seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit pernafasan kronis, dan kanker lebih mungkin mengembangkan penyakit serius.

Cara terbaik untuk mencegah dan memperlambat penularan diberitahukan dengan baik tentang virus COVID-19, penyakit yang disebabkannya dan bagaimana penyebarannya. Lindungi diri anda dan orang lain dari infeksi dengan mencuci tangan atau sering menggunakan alkohol berbasis gosok dan tidak menyentuh wajah anda. Virus COVID-19 Menyebar terutama melalui tetesan air liur atau keluar dari hidung ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, jadi penting bagi anda juga berlatih etika pernafasan (misalnya, dengan batuk pada siku yang tertekuk).

Saat ini, tidak ada vaksin atau perawatan khusu untuk COVID-19. Namun, ada banyak uji klinis yang sedang berlangsung mengevaluasi perawatan potensial. WHO akan terus memberikan informasi terbaru segera setelah temuan klinis tersedia.Kebanyakan orang yang terinfeksi mengalami penyakit ringan dan sembuh, tetapi bisa lebih parah bagi orang lain. jaga kesehatan anda dan lindungi orang lain dengan melakukan hal berikut:

  1. Cuci tangan anda sesering mungkin secara teratur dan menyeluruh bersihkan tangan anda dengan gosok berbasis alkohol atau cuci dengan sabun dan air. Mengapa hal ini dilakukan, karena dengan mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan gosok tangan berbasis alkohol membunuh virus yang mungkin ada ditangan anda.
  2. Social Distancing, pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) antara anda dan siapa saja yang batuk atau bersin. Mengapa hal ini dilakukan,  karena ketika seseorang batuk ayau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika anda terlalu dekat, anda bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut menderita batuk.
  3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, dikarenakan tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat mengambil virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut anda. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh anda dan bisa membuat anda sakit. 
  4. Lakukan Etika kebersihan pernafasan. Pastikan anda, dan orang-orang disekitar anda, mengikuti kebersihan pernafasan yang baik. Ini berarti menutupi mulut dan hidung anda dengan siku atau jaringan yang tertekuk saat anda batuk atau bersin. kemudian segera buang tisu bekas. Mengapa hali ini dilakukan, karena tetesan menyebarkan virus. dengan mengikuti kebersihan pernafasan yang baik, anda melindungi orang-oran disekitar anda dari virus seperti flu dan COVID-19.
  5. Jika anda mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernafas, carilah perawat medis sejak dini tetap dirumah jika anda merasa tidak sehat. jika anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernafas, cari bantuan medis dan hubungi terlebih dahulu. ikuti arahab otoritas kesehatan setempat anda. Mengapa hal ini dilakukan, karena otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi didaerah anda. menelpon terlebih dahulu akan memungkinkan peyedia layanan kesehatan anda dengan cepat mengarahkan anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. ini juga akan melindungi anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

If you want to see update data Corona virus in our city (Balikpapan), you can click here | http://covid19.balikpapan.go.id

Editor: Dede Kurniawan
Sumber : https://www.who.int/health-topics/coronavirus

Dede Kurniawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment